radio fm online

Jumat, 16 November 2012

Tansistor ocl 150w panas berlebihan


Tansistor  ocl  150w panas berlebihan

Kali ini zemulyon bahas mengenai bagaimana mengatasi transistor final panas berlebihan, halini tentu-nya banyak faktor2-nya juga, penyebab-penyebab antara lain karena bagian komponen bias tidak normal, atau bias-nya tidak berfungsi, (bias over voltage) atau ada komponen pendukung bias tidak bekerja dengan baik. kalau bias mengunakan VR/trimpot tinggal ejass saja dengan mudah, bila tidak ada VR/trimpot-nya seperti ocl 150w bagaimana mas yon..?  ya sangat mudah sekali Yaitu untuk ocl 150w bias-nya dibagian diode seri 3x itu yang dinamakan diode bias, lihat gambar di bawah ada tanda panah perhatikan disitu..
Disitu ada resistor 82ohm itu biasa-nya banyak yang pakai 100ohm, kit-nya ada dipasaran toko2 terdekat, bila terjadi terlalu panas maka bisa pakai 82ohm, resistor ini paralel sama 1 diode bias, apabila resistor 82ohm nilai hambatan-nya naik atau diode bias-nya juga naik maka akan terjadi panas berlebihan pada transistor final, bahkan kalau sudah parah kerusakan-nya akan menyebabkan transistor final jebol (terbakar). solusinya diode bias pakailah in4004 atau in4007, lalu juga diperhatikan pendingin alumunium-nya jangan yang tipis dan jangan banyak lubang-nya karena akan berakibat panas sehingga bagi yang tidak tau pasti driver-nya diacak-acak karena dikira driver-nya yang rusak. bisa juga sebenarnya sudah normal karena pendingin yang kurang layak saja, dengan pendingin Cuma tipis ya-meskipun dikasih kipas tetap masih panas-lah, Selain itu perhatikan juga resistor pendukung bias juga kita perhatikan seperti gambar dibawah ini
Bagian resistor 2k2 4k7 itu bila nilai mengecil akan menyebabkan panas pada transistor final juga, dan bisa mengakibatkan transistor jebol (terbakar). Maka harus dilakukan pengujian pakai tester apakah masih baik , kalu sudah melar maka ganti-lah dengan yang baru, karena resistor 4k7 2k2 mudah rusak maka lebih baik pakai resistor 1watt hingga 2watt supaya lebih aman tidak terjadi terbakar, selanjut-nya 100ohm pada jalur vcc biasa-nya rupa warna-nya kelihatan masih utuh dan bagus tapi nilai dalam resistor sudah mengecil, biasa-nya kerusakan-nya pada resistor dijalur vcc minus (-) . kalau merek bell ada yang mengunakan resistor 1k untuk mengantikan 100ohm pada vcc kana/kiri (+ -)  tujuanya supaya lebih awet , dan karena kerusakan resistor transistor mj2955 juga sering rusak disebabkan tidak seimbang-nya catudaya dan bias maka output speaker juga akan keluar tegangan dc berlari-lari ini juga berbahaya untuk keselamatan speaker. Seperti power stage (tingkatan) mula-nya bagus kemudian pelan-pelan keluar tegangan dc (output bocor) transistor final suhu panas naik, seperti ini malah dikira bagus karena tidak punya alat ukur, Ada juga power stereo terjadi transistor final panas berlebihan tapi yang kiri bagus tidak panas itu bisa di sebabkan karena transistor final-nya bercatu daya kecil, artinya tidak sama kekuatan-nya, mungkin beda merek type atau beda pabrik atau beda harga nya lebih murah missal-nya akan menentukan kualitas juga, apa lagi beli driver-nya tidak bersamaan beli mono satu besuk beli lagi dapat merek yang berbeda maka hasil-nya juga beda yaitu jadi panas sebelah. lalu dibagian transistor driver bila ada kerusakan atau tidak bekerja dengan normal akan menyebabkan panas berlebihaan pada transistor final lihat gambar dibawah ini..

Bagian transistor penguat stage yang ada 100pf  itu berperan penting ada yang pake 2sc945 ada juga 2sd438 atau 2sd400 dll, disini zemulyon  pakai tip41c karena mengejar daya watt yang lebih besar maka harus lah bercatu-daya 42v bisa pakai 5amper dengan ct 32v. Bila pcb yang dipakai safari 400w disitu lebih cocok-nya 2sd313,  tapi kalau pakai vcc kecil maka dengan c945 saja sudah bagus. ada juga penyebab panas berlebihan pada transistor final karena Cuma sepele yaitu 100pf nya konslet maka bias akan naik diikuti dengung dan trafo bergetar, sudah diganti berbagai komponen tidak kunjung sembuh sampai pusing karena Cuma kurang tliti saja. Tip-tip problem panas berlebihan coba kita ukur transistor BD bagi yang masih mengunakan transistor tersebut, cara ukur dengan tester pertama tester arahkan pada skala ohm X1k biar transistor aman bila terjadi kesalahan tespoin. dan zero in lah multitester pada potensionya diejass biar tepat, lalu transistor BD dilepas dihadapkan ke kita sehingga bisa terlihat tulisan-nya BD139, kaki-nya ke arah bawah lalu kita ukur perhatikan pin yang merah ditempelkan dikaki yang tengah pada transistor BD, lalu yang pin hitam ke kaki yang kanan lihat jarum bergerak jauh tapi tidak sampai mentok, bila jarum bergerak sampai mentok maka BD sudah konslet (rusak). begitulah kita mengukur dibagian basis-nya. Bila masih bagus semua transistor-nya maka jangan lupa ukur juga transistor 2n3055/mj2955 kita ukur bergantian pada basis-nya seperti diatas tadi. Selanjut-nya bagaimana reparasi amplifier keadaan  nyala  (on) tanpa terhubung dengan sepeaker apakah berbahaya? Lihat gambar bawah ini contoh amplifier tidak terhubung kespeaker..
Perhatikan tanda panah disitu 100n dan 10ohm berperan sebagai pengganti speaker, fungsi-nya untuk membuang muatan yang berlebihan, bila tanpa mengunakan piranti itu transistor final akan mudah rusak, atau transistor menjadi cacat seperti agak gerok dan hifi tidak jernih. Bisa kita lengkapi dengan filter lilitan 18kumparan biar lebih baik lagi.. nah zemulyon maunya ngobrol tidak habis-abis tapi akirnya sekian dulu he..he.. dan trimakasih kepada rekan kita yang ada di Jawa Timur Banyuwangi yang telah mendukung kemajuan Blog kita, trimakasih sekali kepada kalian semua atas donatur-nya sehingga bisa memuat artikel yang lebih banyak lagi dan lebih baik, dan semoga dapat membantu dan mempermudah panduan reparasi bagi pemula tentu-nya sangat bertrimakasih kepada kalian semua. saya harap semoga bermanfaat kepada kita semua.. amiinn…

Nb: bila kurang jelas bisa Tanya fb/sms juga bisa,, setelah artikel ini semoga zemulyon masih diberikan kesempatan untuk membahas trknik bikin driver ocl kita bisa memakai sistim kerjanya seperti swr audio watt meter untuk mengetahui apakah driver yang kita bikin bisa mampu mendriver beberapa transistor final dengan jumlah banyak, misaal nya 4shet 5shet dll..

16 komentar:

alva mengatakan...

mantap mas .. terimakasih buat petunjuknya, sangat mambantu dan berguna, sukses selalu :)

Panji Setyo mengatakan...

sangat informasinya...:-)

ikfarur mengatakan...

tr final sanken pada kit safari stereo kenapa lama2 ko panas banget mas,driver tip42c/d313 tak ganti tip42c/41c,predriver d313 tak ganti mje 340,teg 32v..mohon solusinya mas mkasih

zemulyon mengatakan...

masih panas 47ohm diremov saja lalu jemper gantikan kawat aj, dgn begitu ndak panas brlebihn..

Hendi Berkelana mengatakan...

Maaf om mau nanya,
Kalau untuk membedakan resistor 1 wats 2 wats 3 wats dll.. Gimana ya

alfi dwi septian mengatakan...

Mas kalau r100ohm nya hangus,itu knapa mas

zemulyon mengatakan...

mas hendi R nya agak besar aj fisik-nya,
mas alfi karena konslet tip41/42 atau tr final-nya

Anonim mengatakan...

Mas ♏ά̲̣̣̣̥υ̲̣̥ tanya
Ocl 150w 2set tip 3055/2955 diganti sanken bagus tidak?
Terus saya sudah ganti beberapa komponen sbb
1 semua R 100 ohm diganti 10 ohm/2watt
2 R 2k2 diganti 2k2/2watt
3 R 4k7 diganti 4k7/2watt
4 c100n diganti 47nf/50v
5 R 10k diganti 10k/2watt
Sempat saya coba sebentar untuk suara sih lumayan, kalo menurut mas gimana?
Mohon saran ϑªή penjelasannya.
Trims Budi

rendy aji mengatakan...

pwr 3 stage pke sanken 3 psang ko msih pnas ych kklw suara sh is ok. apa yg slah gan?

zemulyon mengatakan...

mz rendy rangkaian-nya gak mampu main vcc tinggi,turunkan catu daya-nya aj

Anonim mengatakan...

Mas tr final panas sebelah yg pnp, terus ada suara noise nya kira2 apanya ya mas?

Anonim mengatakan...

PA ku waktu di hidupkan TR driver dan finalnya panas.. padahal gg kebalik.. kira" apanya mas??

Anonim mengatakan...

mas mau nanya lilitan 18 yg di output speaker itu pake ukuran berapa ya dan bentuk gimn

edi riyanto mengatakan...

mas kalo tr final yang bahannya germanium spt ad 149 yg ada dipasaran apa...tks

Anonim mengatakan...

trima kasih mas atas ilmu yang bgitu bermanfaat. . ! .. Saya punya PA 150W ..mengalami DC ofsit. .saya cek smua transistor tanpa terkecuali tidak ada yang bocor .saya cek semua elco di pcb dan dan di power suply tapi tidak ada yang shyot . . ! ..ciri cirinya ktika di hidupkan suara seker bergemurh sepert transistor putus...tp tidak ada yang putus . .! .apakah selain transistor ada komponen lain sepert resistor yg menyebabkan Dc,o.

Anonim mengatakan...

trima kasih mas atas ilmu yang bgitu bermanfaat. . ! .. Saya punya PA 150W ..mengalami DC ofsit. .saya cek smua transistor tanpa terkecuali tidak ada yang bocor .saya cek semua elco di pcb dan dan di power suply tapi tidak ada yang shyot . . ! ..ciri cirinya ktika di hidupkan suara seker bergemurh sepert transistor putus...tp tidak ada yang putus . .! .apakah selain transistor ada komponen lain sepert resistor yg menyebabkan Dc,o.