radio fm online

Rabu, 27 Februari 2013

Urean power amplifier dan Resistor terbakar

Urean power amplifier dan Resistor terbakar
(artikel ini telah diedit kembali)

Kali ini pasti banyak sekali yang menunggu lanjutan-nya safari tapi mohon maaf Modifikasi safari/ocl 150w ditunda hehe.. karena banyak permintaan rekan-rekan dan para pemula untuk membahas power AX, meskipun begitu power ini juga sejenis OCl maka jangan sedih hati, adapun modifikai jenis OCL banyak sekali model-nya, nah kali ini zemulyon membahas resistor terbakar karena banyak berangapan bila resistor berubah warna sudah memastikan resistor tersebut terbakar konslet, padahal belum tentu konslet, seperti gambar dibawah resistor menjadi hitam karena panas sehingga kode warna-warna resistor tersebut terklupas menjadi seperti terbakar saat konslet, bagi yang tidak tau hal ini dikira konslet lalu biasanya kesusu menganti resistor tersebut, padahal resistor yang baru belum tentu bagus, bagi rekan-rekan/pemula/sedang blajar yang sudah mengkoleksi driver dari zemulyon maka sepanjang masih bunyi bagus/normal halini power amplifier masih dalam keadaan baik-baik saja. maka jangan disangkal lagi. Ini sudah cirikas modifikasi orang jawa biasa-nya resistor-nya panas, bahkan ada orang saking mantep-nya ada yang bilang “modifikasi orang jawa resistor-nya nyala merah tapi kok tidak jebol”. Karena itu mari kita pahami kenapa kok bisa begitu, Kalau tidak panas komponen-nya kurang kerja, apalagi dimodifikasi supaya lebih santak maka semakin panas, kenapa panas seperti itu kok tidak jebol? Karena terjadinya panas bukan karena konslet {panas yang normal}, jadi beda dengan panas karena konslet, kalu dibandingkan power blazer lain lagi dengan power blazer tidak panas, tidak sepanas seperti itu. Seperti apakah penampakkan-nya lihat gambar dibawah ini

Resistor yang panas cukup dibersihkan saja dari debu dan karat sehingga akan menjadi awet dan tidak mudah kropos atau rusak, kalau kit dari toko yang harga murah mriyah maka resistor-nya tidak ada yang panas kecuali dikasih catudaya besar 42v up maka 10k nya panas, selain itu resistor-nya sering putus karena diakibatkan terlalu besar catudaya-nya atau resistor-nya kurang bagus kualitas-nya, atau modifikasi-nya kurang bagus juga misal-nya pemberian resistor yang kurang tepat dll, biasa-nya resistor warna biru kaki-nya kecil mudah patah itu kurang bagus, maka zemulyon tidak memakai resistor tersebut kecuali terpaksa tidak ada yang lain-nya. Selanjut-nya bagaimana modifikasi rangkaian biar santak? Yaitu power amplifier harus kondisi tidak nois {senyap}, kenapa harus begitu? Karena bila ada nois pasti tidak jadi dan hasil-nya tidak memuaskan, fungsi trimpot untuk adjust biar santak itu beda dengan peredam nois {offset} maka yang tidak tau dikira sama, peredam nois tidak akan menambah santak, trimpot peredam nois zemulyon pakai pada power gajah atau raksasa dll, karena power tersebut ada nois dan cara bikin santak maka pakai tambahan sedikit sebagai penguat input, jadi berbeda dengan ocl  yang memakai osilstor transistor. Nah seperti apa trimpot-nya lihat gambar dibawah ini..
Kali ini Trimpot-nya pakai 5k sangat kecil dari pada yang kemarin 500ohm, tujuan-nya biar semakin jernih sekaligus suku cadang-nya mudah didapat dan bisa dibeli ditoko elektronik terdekat, jadi tidak harus pesan zemulyon seperti kemarin, bisa-bisa zemulyon dibilang penjual trimpot hehe... Selanjut-nya VR bias ini harus lebih kuat dari pada trimpot osilator, karena sinyal yang lewat VR ini lebih besar maka harus disesuaikan biar tidak terjadi kebakaran, untuk mengurangi tingkat panas maka disini mengunakan transistor KSE340 jadi tidak pakai plat  pendingin, coba lihat gambar transistor dekat VR dibawah ini.
Selain memperkuat VR kita perkuat juga jalur-jalur PCB dan soldiran-nya supaya tidak terbakar pada jalur PCB, bisa memilih PCB yang tebal jangan yang tipis sangat jelek, dan usahakan setiap bikin PCB jangan diamplas cukup dibersihkan saja karena kalau diamplas berulang-ulang tembaganya akan tipis dan mudah leles/patah atau terbakar. Untuk jalurnya dibikin agak tebal biar kuat dan aman tidak terbakar, ada juga tembaga pada PCB berkarat karena saking lamanya atau dulu saat pelarutan PCB tidak bersih tidak direndam air maka tersisa akir-nya berkarat {jamuren} tembaga-nya warna kebiru-biruan itu segera dibersihkan biar tidak meluas, kalau tidak dibersihkan bisa habis tembaga-nya dimakan sisa-sisa larutan atau karat tersebut. Seperti apa jalur-jalur-nya lihat dibawah ini..
Bagian transistor disitu dibikin tebal jalur PCB-nya maupun soldiran-nya sehingga tidak mudah lepas dikarenakan panas yang berlebihan dan sehingga tidak mudah patah, bagi pemula/belajar kalu main soldir terlalu ditekan karena soldir-nya kurang panas akir-nya jalur PCB patah dan harus dilakukan jemper kawat yang akir-nya mengakibatkan konslet karena jadi semrawut dll, itu belum kabel-kabel-nya ya ada yang bilang kayak bakmi saking semrawut-nya hehe.. tapi tidak semua pemula seperti itu ada yang pandai juga. Selanjut-nya masalah dengung modulasi karena rangkaian kit-nya terlalu tinggi dari box biasa-nya kit ini menyatu pada pendingin transistor final, plat almunium  ada yang tebal sehingga letak PCB driver jadi sangat tinggi sekali mencapai 10cm maka cara mengatasi bisa dikasih plat kuningan dibagian PCB bawah blog osilator lalu disoldir melingkar, plat ini bisa pakai bekas tuner TV lalu diambil tutup-nya dan plat ini mudah disoldir bisa lihat gambar dibawah ini.
Dengan begitu maka semakin jernih {bila diperlukan}, untuk mendapatkan yang jernih selain itu disini memakai kondensator MKM, bentuknya kotak walaupun harga sedikit mahal tapi bagus dari pada milar model sekarang atau kramik dan sejenis-nya, selanjut-nya bagaimana memilih driver yang bagus yaitu dari suaranya sudah beda sangat jernih hifi sangat terbaca bass gembur tapi bertenaga dan santak tidak loyo, untuk sebagai contoh zemulyon akan membandingkan power kode AX500W dan ST500W  sebagai perbandingan, kalau AX500W hifi bagus enak juga dan tidak terlalu panas dan reparasi-nya mudah, tapi ST500W disitu bass-nya juga bagus hifi tidak kalah tapi driver sedikit panas tapi mantep. nah tergantung anda mau milih yang bagaimana, semua punya keunggulan tersendiri, seperti OC500W juga santak dan hifi bagus juga, atau G500w ini osilator pakai ic tl071 kendang nya sangat kuat, ini masing-masing kit-nya mono jadi sesuai yang kita butuhkan, misal buat perakitan btl, bila dibtl sangat kuat dan besar outputnya tapi resiko tangung sendiri hehe, atau buat stereo nyaman, tapi umumnya terus dibtl ya terserah anda, Cuma kalau yang sudah pandai tidak ada masalah, tapi bagi pemula bisa ada kesulitan kalau tanpa bimbingan yang labih ahli. Selanjutnya Gambar AX500w seperti apa coba lihat gambar dibawah..
Disitu lilitan output dijalur speaker memenjang dan sepasi rapat tanpa ferit, bisa juga dibikin kayak donat seperti dibawah ini zemulyon bikin lebih kuat lagi yaitu dengan transistor penyangga 2sd718/2sb688 atau jenis tip dan sejenisnya. Coba bandingkan bagi yang sudah memiliki driver ini bisa meniru bagian penguatan penyangga-nya dan resistor-nya, Pcb-nya sudah dikasih lubang disitu tinggal soldir saja karena PCB ini didesain bisa berbagai modifikasi maka tinggal ikuti blog zemulyon seterus-nya, maka pemula yang sedang belajar sangat senang sekali sampai do’a buat zemulyon ya trimakasih semoga lancar bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat aminn. Bagi yang belum mendapatkan kit-nya dikarenakan zemulyon sibuk/waktunya maka jangan sedih hati semoga tetap akan dibahas dan segera diposting skema-skemanya akan menyusul diartikel berikutnya. Lalu Bagaimana AX yang lebih besar lihat dibawah ini..
Disitu tambahan 330ohm/2w 2x lihat PCB mu tinggal masukin resistor-nya dan ganti transistor-nya bila kurang jelas bisa lihat gambar dibawah ini apa saja modifikasi berikut-nya.. 68ohm bisa pakai 10ohm, 0,5ohm/5w bisa pakai 0,22ohm/5w bila kesulitan, lalu trimpot osc diturunkan sedikit, lalu volume mampu kita buka agak besar, kalau trimpot tidak diturunkan osc mlukok artinya berlebihan sehingga osc tidak berkerja baik. Untuk catudaya 50v dulu, bila transistor final tidak stabil kadang panas kadang dingin maka harus kita rubah resistor 10ohm lalu kita ganti VR nya seperti kemarin yang saya jelaskan, pada OCL 150w kadang juga seperti itu nah ganti saja resistornya maka akan pulih kembali, lebih jelas lagi buku petunjuk sebagai panduan  coba dilihat disitu sudah diterangkan dengan sangat jelas mengenai bias dan penyetelan trimpot bagian osilator dan resistor-resistor yang sangat penting yang sangat berpengaruh pada transistor final. selanjutnya coba lihat tanda panah pada gambar yang berikut ini.
 power amplifier jenis ocl bercatu-daya mulai 55v hingga 77v dc

Setelah membandingkan gambar di atas coba bandingkan pada ST500w dibawah ini, seperti sama tapi jalur-nya beda disitu ada resistor 2w sangat panas seperti OCL pada 10k nya, jenis ini agak sulit modif-nya dibanding AX tadi, maka sebaik-nya menunggu artikel berikut-nya saja, kit ini sudah zemulyon modifikasi lalu ada fersi baru lagi, kenapa begitu bukankah ini kit sudah bagus? Iya memang bagus Karena ini sebagai penduan bagi yang mau belejer lebih mendalam lagi, maka bagi yang tidak suka utak-utik kit ini memang sudah bagus. power OCL banyak jenis-jenis modifikasi masing-masing bagus maka bisa memilih atau kita bikin seperti apa supaya pass sama keinginan konsumen kita, maka bisa lancar usaha anda karena garapan-nya bagus, dibawah ini ST500w coba perhatikan
bagian filter ini dari ferit berbentuk cincin dengan lilitan 18 kumparan
filter bentuk cincin dan bisa dibikin memanjang bila kesulitan

Disitu ada lilitan kayak donat jangan terlalu besar sekitar setinggi pendingin transistor saja, karena kalau yang besar malah dari besi bahan-nya bukan ferit {yang bagus ferit }. lalu peletakan kit bisa ditumpuk bisa demes misal buat stereo atau btl, bila tidak ada ganguan problem input bisa di tumpuk seperti dibawah ini. Bila ada problem maka bisa diletakan dekat pendingin saja, nah zemulyon rasanya mau ngobrol terus tidak habis-habis tapi akirnya sekian dulu karena ketrbatasan waktu dan trimakasih atas dukungan kalian semua, dan artikel yang akan datang semoga lancer dan penuh manfaat amiin,.


Berikutnya semoga kita bahas tentang transistor osilator yang bagus, dan jenis-jenis nya

63 komentar:

ALI_meraih mimpi mengatakan...

Ora mudeng q pak bro....nk masang trimpor kaki x di pasang kmana ja tu.... q nyoba tp ngawur(sak eroh q)malah dilalap sijago merah...

Ady al-farizi mengatakan...

lam kenal sebelumnya saya ady mau tanya maaf pertanyaannya di luar tema.
1.bisakah 1 travo 5amp untuk 6 kit amplifier.apakah kuat?
Saya mo bikin amplifier 5.1 chanel
Makasih sebelumnya

idvan mengatakan...

itu hampir seperti power 600 watt gan..

zemulyon mengatakan...

Ali: untk vr trimpot bias hati2 baca dlu mengenai bias.
Ady: unk 5amper 6kit bisa pakai 5amper era ct55v, kit ny per CH tr final 1set, elko 6biji 10rb uf.
ivan: mirip 600w

bayu mengatakan...

Salam kenal,,aku pakek power 400 watt kenapa sankenya panas sebelah,,mohon saranya,,mksh

Hendi Berkelana mengatakan...

I C OCL/ jengkol di ganti pake TIP bagusan mana ya suaranya

Anonim mengatakan...

I like your post, nice

zemulyon mengatakan...

mas bayu itu tip41/42 nya ad yg rusak ringan ganti aj yg baru dan dioda in4004 330,

mas hendi bagus 2n3055/jengkol untk tr final

Unknown mengatakan...

mas, skema power diatas ada gak... aku kepingin buat, kayaknya suaranya bagus.....

bima mengatakan...

mas PA saya xploid 3D 1200, tr final sanken 5DY 4set dengan stabiliser 10A ERA, 2x80.000uf 80v. Drop di NCB 450an. Padahal cuma pake 2 speaker ACR black magic 15". Gimana ya mas supaya tidak memakan banyak daya.
Tolong ya mas.!

Unknown mengatakan...

mas salam knal, klu power ocl 150 buat out door speaker 15 in dobel, apa aja yg d ganti, mohon d bles at sms ja ni no ak 085859747172, trimz

Unknown mengatakan...

kang yon gmn kbrnya lak sae ta!!!

zemulyon mengatakan...

mz avenz ada tapi lom di unlod,

mz bima turunkan catu daya trafo atau kurangi elko-nya jangan terlalu banyak/besar, atau trafo-nya pindah ke tep 240v

maz samal driver-nya dimodif main 4ohm r umpan balik ditingikan lanjut sms saya aj

maz celay ya sae baik mas trimakasih...

Much Nano mengatakan...

Salam kenal
Saya mau tanya,apa fungsi resistor yang kotak warna putih?kalau untuk power ocl yang menggunakan tegangan 42 vct bagus pakai yang 0.22/5w atau yang 0.5/5w? Dan apa pengaruhnya?
Trima kasih sebelumnya...

Unknown mengatakan...

mas kalo bleh tolong dong di upload skema pwer blazer yg 1000watt.. Dan jg tone cntrolnya yg jernih suara bass treble midlenya juga... Mksih..

Unknown mengatakan...

Mas yon mau nanya: kit power 400w,5set snken Untuk r kpurnya ukuran brp yg plg kuat suaranya?tr ke speaker?

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum....
Mas demulyon gmn cra saya mndptkan kit power diatas, blinya dimana?

Unknown mengatakan...

kalau resistor putih angus itu penyebabnya apa pakde..baru ganti sanken 5dy colok listrik eh resisitor purtih keluar jinya

Unknown mengatakan...

Mantabb
...

Unknown mengatakan...

Mas saya rahmadi dari kalimantan.bisa minta layout&skema ax500nya mas ni emailku .ahmad81@xl.blackberry.com

Unknown mengatakan...

Mas saya rahmadi dari kalimantan.bisa minta layout&skema ax500nya mas ni emailku .ahmad81@xl.blackberry.com

Unknown mengatakan...

Salam kenal mas,saya rahmadi dari kalimantan.bisa minta layout ax500 mas.pengen buat tp ga punya layoutnyani emailku mas. ahmad81@xl.blackberry.com

Unknown mengatakan...

Bs pesan powr nya gak

Unknown mengatakan...

Bs pesan pwr nya gak

Unknown mengatakan...

mas minta skema power yg di atas tolong uplod in

Imam mengatakan...

Gan kalo R100 dari dioda bias terbakar itu kenapa sebabnya?
awalnya normal2 aja, tapi pas out speaker ane ubah parallel jadi 2 ohm. Trus out L R juga ane gabungin. Tiba-tiba kurang lebih semenit langsung terbakar. Mohon pencerahannya

Unknown mengatakan...

salam knal ye by...efal mau minta rangkaian pcb power yg anda rakit

Unknown mengatakan...


gi mana cara saya dapat kit power yg anda bikin...!!

Unknown mengatakan...

mas sbelumya salam knal dulu by susyono,.
mz bleh minta rangkaianya ga plus lay out pcbnya....!!
trimakasih....!!!

Unknown mengatakan...

mas bgi rangkaian pcb power amplya doong sya mau bikin

Unknown mengatakan...

minta rangkaian pcbnya doong mas....!!!

Unknown mengatakan...



mas minta rangkaian power pcb nya doong....!!!

Anonim mengatakan...

Mohon bantuannya mas... ane punya pa bgr 600 watt stereo kenapa ya resistor 33k 2watt nya mudah terbakar yang dekat jalur speaker....apa masalah dari vr atau tr final ane yang jebol...kalo di nyalain suara di speaker seperti suara angin...mohon penjabarannya segera mas di pin ane 5987E853

Unknown mengatakan...

Saya coba rakit power aktif platinum dms-6000,terjadi kosleting di kabel input,,ternyata R470 nya dua duanya terbakar,,saya ganti,tapi tetep gk bisa hidup,,dan R470 nya tetep panas,,mohon pencerahan,,,kira2 kerusakan komponen apa lagi,,,makasih!!!!

Anonim mengatakan...

Upload kok gambar to mass., upload ki skema ben isoh diwoco. Piye toooo....

Anonim mengatakan...

Mas kalo pd pwr 200w penybb R yg menghbkn basis -&+ sanken terbakar apa y mz.tolong blz...?

Unknown mengatakan...

Bos klau buat speaker faboluos 18"x2..apanta yg harus di rubah...klw pake 150 ocl

Unknown mengatakan...

Bos klau buat speaker faboluos 18"x2..apanta yg harus di rubah...klw pake 150 ocl

Unknown mengatakan...

Bos klau buat speaker faboluos 18"x2..apanta yg harus di rubah...klw pake 150 ocl

Unknown mengatakan...

Gimana cara nya mbenerin kit ocl pake sanken tpi bgtu di pasang resistor jebol sebelah trus kbakar mihon konfirmssi makasih.

Unknown mengatakan...

Maaf mau tanya resistor dkt jlur speker trbakar boz,,apa bisa diganti,,,mksh

Rizkylarengawi mengatakan...

Penyebab 2R kebakar apa ya mas....
Letak R di antara 2 tr driver. Ampli BMG
Makasih sebelumnya mas....

Unknown mengatakan...

Mas klu r kapur kebKar apanya yang di ganti

Unknown mengatakan...

skema layoutnya mana bos bagi2 dong

Unknown mengatakan...

mana skema dan layoutnya bos

Unknown mengatakan...

Sya pemula mf mas mau tanya,klo resistor basis pas volume di besarin panas ya...sya pakai ic stk4192...minta saranya mas

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

nice info min
solder uap

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

makasih banyak min sudah sharing hal yang bermanfaat power supply hp

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

makasih
solder uap portable

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

makasih banyak sudah share min
solder uap

Unknown mengatakan...

Om saya punya ampli 300watt, q colok ke listrik kok R100 nya kebakar merembet ke 47uf 50v nya meledak, padahal psu udah cocok, tolong pencerahan nya

Paipai mengatakan...

mntab gan, good job
power supply hp

Paipai mengatakan...

mntab gan, good job
power supply hp

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

siap min, makasih banyak sudah share ilmunya
solder uap portable

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

siap min, makasih sudahs hare
solder uap

WANDY mengatakan...

mas sya minta info sya pnya. kit. bell 300. wat trjadinya kebakar resistor.klbihan tegangan ter final apa dari ter bd 139-140

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

ok min
solder uap

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

yuhuu mantap
lampu servis hp

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

yuhuu mantap
lampu servis hp

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

terimakasih banyak min
solder uap

Unknown mengatakan...

gan saya ngerakit ampli 400 watt,pake trafo 20 amper 35 vol mengunakan 4 elco 10000 80 volt,di kit mengunakan 32 vol sampe 45 volt saya pake 35 volt nya udh di pasang baru colok r330 langsung ngasap,kira2 apa yg salah ya gan mohon pencerahan nya dn info nya donk

Unknown mengatakan...

R330 kebakar Mulu,penyebab utamanya kira2apa?

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

ok min
Solder uap